Selasa, 27 Juli 2010

Apa itu TOEFL?


TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah evaluasi yang digunakan seseorang untuk menggunakan dan memahami bahasa Inggris dalam lingkungan akademis. Tes ini dipersyaratkan bagi para calon mahasiswa baru yang akan bersekolah di universitas di luar negeri. Nilai TOEFL berlaku selama 2 tahun dan kemudian tidak lagi akan dilaporkan secara berkala. Universitas maupun perguruan tinggi biasanya hanya mempertimbangkan skor TOEFL terbaru atau yang paling terakhir dilakukan.

Tes TOEFL merupakan merek dagang terdaftar oleh ETS (Educational Testing Service) dan diberikan di seluruh dunia. Tes ini pertama kali dilakukan pada tahun 1964 dan sejak itu telah dilakukan oleh lebih dari 23 juta pelajar di seluruh dunia. Tes ini dikembangkan pertama kali oleh Pusat Linguistik Terapan, Universitas Stanford oleh Dr. Charles A. Ferguson.

Komite Penguji TOEFL terdiri atas 12 pakar dalam bidang linguistik, pengujian bahasa, pengajaran serta penelitian. Tanggung jawab komite ini adalah memberikan arahan dan masukkan atas isi tes TOEFL. Komite ini membantu memastikan bahwa tes yang dibuat memiliki validitas kemampuan bahasa Inggris yang mencerminkan tren saat ini.

TOEFL terdiri atas 2 jenis seri tes, yaitu Paper-based TOEFL (PBT) dan Internet-based TOEFL (IBT). Sebelum IBT lahir, terdapat seri TOEFL yang bernama Computer-Based TOEFL (CBT), namun pada bulan September 2006, tes ini telah dihentikan, dan skornya dianggap sudah tidak berlaku lagi secara internasional.

Internet-based TOEFL
Tes ini terdiri atas empat bagian, yaitu, mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Tes ini dapat mencapai durasi yang sangat lama, yaitu lebih dari 4,5 jam. Jenis tes TOEFL ini mulai diperkenalkan di Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, dan Italia pada tahun 2005. Ke depan ETS akan terus menambah pusat-pusat uji bahasa yang dapat menyelenggarakan ujian TOEFL IBT ini.

Paper-based TOEFL
Pada wilayah dimana IBT tidak dapat dilakukan, maka penyelenggaraan tes TOEFL masi berbasis PBT atau Paper-based TOEFL. Pengujian dilakukan selama 6 kali setahun pada jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Jenis tes ini berdurasi selama 3 jam dan terdiri dari 4 bagian, yaitu Mendengarkan, Struktur danEkspresi Tertulis, Membaca, dan Menulis. Berbeda dengan IBT yang dapat dilakukan pada hari yang berbeda pada tiap kemampuan, namun, PBT ini seluruh kemampuan berbahasa dapat dilakukan dalam hari yang sama.

TOEFL Junior
ETS juga menawarkan TOEFL Junior sebagai instrumen penilain bagi anak-anak usia 11 hingga 14 tahun. Namun, tes ini tidak bisa dijadikan patokan prediksi nilai TOEFL reguler yang sebenarnya.

Untuk mengetahui tes TOEFL yang Anda lakukan asli atau tidak, silakan uji komponen beikut ini:

Biaya Tes
Biaya tes TOEFL Internasional yang diselenggarakan oleh ETS adalah sekitar (IDR) 1,6 juta.

Masa Berlaku
Masa berlaku sertifikat tes TOEFL adalah maksimal 2 tahun sejak nilai dikeluarkan.

Sertifikat ETS
Pastikan sertifikat Anda memiliki komponen resmi ETS dan tidak terdapat komponen pendukung non-ETS.

Namun, jangan khawatir, sertifikat prediksi skor TOEFL yang diselenggarakan institusi non-ETS yang tidak memenuhi komponen di atas tetap berlaku namun hanya secara nasional saja.